Home About Privacy Disclaimer Sitemap
Bagi IPTEK

Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas di Blog


Cara Menulis Artikel SEO Friendly di Blog
Cara Membuat/Menulis Artikel Berkualitas dan SEO Friendly - Tentunya para Blogger disini tidak boleh bermalas-malasan untuk menulis Artikel paling tidak minimal 1 artikel 1 hari, itu sudah bagus karena menunjukkan ke Google bahwa Anda sudah update artikel, maka Google semakin lama akan semakin mencintai Blog Anda jika memang Blog Anda itu sering diupdate secara rutin.

Baca Juga : Cara Mengecek Page Authority dan Domain Authority

Saya pernah mendapatkan suatu komentar dari para penggemar saya, termasuk diantaranya adalah "Kang, Bagaimana cara menulis Artikel lebih SEO Friendly?'. Saya merasa sedikit kebingungan lantas saya tidak tau kalau saya dapat menulis Artikel SEO Friendly, saya tidak pernah atau bahkan tidak peduli dengan yang namanya konten SEO, saya hanya menulis sekitar 600 suku kata dengan pembahasan yang jelas tapi bisa saja mendapatkan Rank 1 di Google, yang penting adalah Anda harus memaksimalkan SEO Onpage dalam suatu Artikel.

Tips Menulis Artikel lebih SEO Friendly agar layak tampil di mata Google
Ketika Anda menulis Artikel pasti yang Anda tentukan pertama adalah kata kunci/keyword, untuk kata kunci saran saya di judul Postingan Anda pakailah Long tail Keyword, kenapa? Karena banyak pengunjung mencari dengan jelas maksud dan tujuannya untuk mencari. Ketika sudah menetapkan kata kunci/keyword dalam Artikel, Anda boleh langsung menulis Artikel apa saja yang sudah Anda tetapkan Keyword dan judulnya karena sudah dianggap relevan oleh Google.

Yang masih penasaran tips berikut bisa kita gunakan dalam membuat artikel agar artikel masuk pageone Google ataupun dan bisa membuat kita bersain di mata pencarian Google.

1. Gunakan Long Tail Keyword pada Judul
Cara ini memang sudah ampuh bagi orang-orang yang nilai bahasa Indonesianya tinggi sehingga dia mencari di Google lebih spesifik dengan kata-katanya. Untuk menggunakan long tail keyword pada judul memang mudah.
Contoh (sebelum menggunakan long tail keyword) : Cara Menulis Artikel SEO Friendly.
Contoh (sesudah menggunakan long tail keyword) : Cara Menulis Artikel SEO Friendly pada Blog dengan mudah.

Contoh ke 2 memang dikatakan lebih spesifik dan rinciannya jelas, rata-rata seperti yang sudah dilansir oleh Google Inc, bahwa dia menyatakan banyak pengunjung yang mengunjungi website menggunakan Judul yang lebih spesifik dan rinciannya sangat jelas.

2. Cantumkan Link Internal pada Artikel Blog Anda yang lebih Populer
Trik ini sudah ampuh dan sangat berguna sekali, saya sudah sering memakai trik ini dan hampir selalu saya pakai, yaitu membuat Link Url kepada Artikel yang lebih dahulu Populer karena semakin sering Post itu di tautkan maka akan menaikkan relevansi di tingkat penelusuran Google, misal Popular Post Anda berada di page three Google, jika semakin lama semakin ditautkan (dikunjungi) maka bisa saja Post Anda langsung naik ke SERP Page one Google.

3. Buat Artikel setidaknya dengan 400/500 suku kata
Sebenarnya sih tidak masalah walaupun Artikel tersebut hanya 1 baris ataupun hanya beberapa kata saja, tapi akan menyusahkan Anda untuk bersaing dengan mesin pencari, karena mesin pencari besar seperti Google, Bing dan Yahoo lebih membutuhkan Blog yang mempunyai kata-kata yang panjang tetapi mudah untuk dipahami karena dianggap kontennya lengkap dan layak bagi para pengunjung di dunia Internet.

Saran saya untuk dapat bersaing di search engine yang besar dan Artikel yang SEO Onpagenya lebih tinggi Anda boleh melebihi 500 kata untuk membuat Artikel, itu hanya saran. Kemungkinan besar juga Anda bisa mengalahkan blog yang Alexa, Domain Authority, Page Authoritynya lebih tinggi daripada Anda. Berikut ini saya mendapatkan sebuah gambaran yang menggambarkan diagram data untuk setiap suku kata yang dapat tampil di Google (bagi yang persaingannya belum ketat di Google).
Lampiran Diagram Data untuk setiap kata (bagi yang saingannya belum ketat)

4. Letakkan kata kunci utama 
Ini adalah cara termudah bagi Anda, jadi ketika Anda sedang menulis Artikel pastikan dibagian utama atau paragraf pertama Anda sisipkan paling tidak 2 Kata Kunci agar memudahkan Google untuk merayapi halaman dengan kata kunci yang benar.

5. Tautan Permanen atau Permanent Link
Ternyata Tautan Permanen atau biasa disebut permanent link membawa pengaruh terhadap SEO dan SERP di Google, untuk lebih SEO Friendly sebaiknya sematkan kata kunci dalam tautan permanen tersebut.
Contoh 1 (sebelum) : http://www.langkahcurang.com/2015/04/cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Contoh 2 (sesudah) : http://www.langkahcurang.com/2015/04/cara-menulis-artikel-seo-friendly-dan-berkualitas-terbaru-dan-termudah.html

6. Bold dan Italic sebagai Kata Kunci/Keyword Utama
Untuk lebih mudah dipahami oleh para pembaca Blog Anda, Anda perlu memerhatikan Bold dan Italic, gunakanlah fitur tersebut untuk dijadikan sarana Kata Kunci Utama.

7. Membuat Artikel Berkualitas
Nah, saya sudah terangkan di judul Postingan ini, yaitu Berkualitas, membuatnya tentu mudah, ikuti saja langkah-langkah diatas. Ciri-Ciri Artikel Berkualitas adalah seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi.

8. Optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage
Yang menurut saya paling penting adalah kekuatan SEO Onpage sebuah website, karena apa? Karena terindex langsung beserta halaman artikel Url Postingan aslinya, berbeda halnya dengan SEO Offpage yang hanya berada diluar halaman pandangan posting, SEO Offpage biasanya yang terindex hanya bagian Homepage tapi disitu sudah diterterakan Postingannya.

Demikian ulasan saya yang bisa saya bagikan mengenai Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas di Blog, semoga bermanfaat. Jangan lupa komentarnya ya.


10 komentar

Wah beranfaat gan..
Jadi tau ane :v

Typo :v tapi ente kalah pertamax 2 menit :3

nice lah .. biasanya gw kalo nulis kan gni " Nice Lah Biasanya Gw Kalo Nulis Kan Gni " ada huruf gede setiap kata :v

Bemanfaat sih bermanfaat tapi ane gak ngerti >.<

perhatikan huruf kapital juga dalam membuat artikel gan :v

ayo coba dimengerti lagi :)

Penggunaan link internal membuat pengunjung betah berlama-lama di blog anda.

tetapi pada saat Adsense tahap review ke 2 maka tidak boleh memasang link internal karena dianggap melanggar pedoman webmaster oleh karena itu, gunakan dan perbanyaklah link eksternal yang populer. Makasih gan sudah mengunjungi.

Your comments show your personality
Gunakanlah form komentar dengan bijak dan sebaik mungkin
Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

Batal