Home About Privacy Disclaimer Sitemap
Bagi IPTEK

Pengalaman Menggunakan Windows 10


Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Setelah sebelumnya saya posting tentang Windows 10 dan Cara aktivasi Windows 10, sekarang saya ingin mengulas penggunaan windows 10 ini. Ide ulasan ini sebenarnya karena disuruh, dipaksa, dan diancam permintaan si Uki. Disini saya akan mengulas hal yang mungkin menurut kalian semua tidak perlu diulas. Kenapa? Karena sebenarnya sudah tertera pada penjelasan fitur-fitur windows 10 itu sendiri. Akan tetapi juga mungkin kalian menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kalian dalam penggunaan windows 10 ini. Dan juga, saya akan mengulas tentang banyaknya pertanyaan yang sering muncul dalam penggunaan windows 10 ini. Baiklah silakan dibaca artikel ini sampai selesai sambil menikmati secangkir teh/kopi dengan kerupuk biar melayang :3

Apakah windows 10 ini berat jika digunakan?

Berat atau tidaknya suatu sistem operasi itu, tergantung pada spesifikasi CPU/Laptop yang kita miliki. Seperti yang kita tau, keunggulan dari Windows 10 ini sendiri adalah di bagian multi tasking. Apabila pada windows 8 desktop, setting, bursa, dan lain-lain dijalankan pada tampilannya sendiri dan tidak melalui desktop. Sehingga kita dapat melihat apa saja yang telah kita buka dengan mengarahkan kursor ke pojok kiri atas kecuali pada windows 8.1. Akan tetapi, tidak berlaku untuk windows 10, semua dijalankan melalui interface desktop dan dapat dimonitoring tanpa perlu mengarahkan kursor ke pojok kiri atas. Tetapi dengan klik Task View pada taskbar.
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Pada tampilan Task View ini, kita dapat menjalankan multi tasking dengan cara menambahkan desktop (New Desktop) tak terbatas. Disinilah menurut saya keunggulan sekaligus perbedaan antara windows 10 dengan windows 8. Dan dari sini juga lah saya menyimpulkan bahwa penggunaan windows 10 ini tidak berat sama sekali dikarenakan selain minimum spesifikasi CPU/Laptop yang digunakan, juga karena multi tasking ini.
Review tentang penggunaan windows 10 Pro

Katanya banyak driver yang masih belum support windows 10?

Benar, memang banyak driver CPU/Laptop kita yang belum bisa dijalankan untuk windows 10 ini. Karena windows 10 ini juga baru saja rilis. Akan tetapi, para developer produk pasti akan secepatnya menyediakan update driver secepatnya untuk pengguna windows 10. Dalam kasus saya kemarin, saya juga tidak bisa menjalankan driver untuk laptop saya pada windows 10 ini. Akhirnya, saya mencari cara lain, yaitu dengan cara menggunakan aplikasi Driver Pack Solution.

Untuk tampilannya? Apakah sama seperti Windows 8/8.1? Atau lebih simple lagi? 

Tampilan yang ditawarkan windows 10 ini menurut saya sudah Super UI bahasa mana itu yah? Jangankan start menu, sampai kalender dan ikon-ikonnya pun juga sudah UI Style. Kalau diumpamakan sih ya, mirip lah sama tampilan windows phone dengan live tiles.
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Penampakan Start Menu dengan Live Tiles
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Penampakan kalender yang Super UI
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Penampakan File Explorer
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Penampakan Setting/Control Panel
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Penampakan Bursa

Apa saja sih fitur-fitur terbaru dari Windows 10 ini?

Untuk fitur-fitur terbarunya sih cukup banyak menurut saya, tetapi mungkin saya belum bisa menemukan dan membeberkan semuanya kepada kalian. Saya hanya menemukan beberapa fitur saja, jadi saya minta maaf terlebih dahulu dan apabila ingin menambahkan saya persilakan. Baik, untuk fitur baru yang saya temukan pada taskbar adalah New Notification, Task View, dan Search Windows.
New Notification menampilkan notifikasi/pemberitahuan baik dari sistem, anti virus, maupun aplikasi yang berjalan. Kalau sudah masuk sini, seperti terbayang windows phone sendiri dah :3
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Saya tidak akan menjelaskan banyak untuk fitur Task View, karena sudah saya tulis diatas. Jadi langsung menuju ke fitur Search Windows. Hampir sama seperti pada windows versi sebelumnya, akan tetapi kita dapat menggunakan tombol search dengan cepat yang ada pada taskbar. Tidak seperti pada windows 8, yang harus seret ke kanan atas dan tarik kebawah kursornya dulu biar ketemu tombol search :3 Pada Search Windows disini, sama seperti pada windows 8, ada pilihan pencariannya yaitu dapat mencari aplikasi, folder/file, dan setting.
Review tentang penggunaan windows 10 Pro

Sementara itu, untuk fitur yang ada pada Start menu adalah adanya live tiles, dan pada all programs kita dapat mencari file/folder dengan cara klik salah satu huruf/abjad. Yah, memang sangat mirip dengan windows phone lagi.
Review tentang penggunaan windows 10 Pro

Review tentang penggunaan windows 10 Pro

Fitur baru windows 10 yang saya temukan pada Setting > Personalization adalah adanya tombol on/off pada tab colors untuk menampilkan/tidaknya warna pada taskbar, start menu, dan live action.
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Fitur lain yang saya temukan pada Setting > Personalization juga adalah adanya setting Lock Screen dengan Screen Saver dan Setting Start yang dapat menjadikan tampilan start menjadi fullscreen atau menjadi start menu dengan live tiles.
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Setting Lock Screen dengan Screen Saver

Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Setting Start

Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Start dengan live tiles

Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Full Screen Start Menu

Bagaimana dengan browser defaultnya? Apakah Internet Explorer masih ada?

Pada windows 10 ini, Internet Explorer masih ada. Tetapi, browser defaultnya adalah Microsoft Edge. Setelah saya bandingkan dengan semua browser, baik dari Apple (belum pernah coba safari browser kaka :'v), Baidu, UC Browser, Mozila dan Google masih kalah cepat dengan Microsoft Edge untuk proses load laman website. Tetapi, selain kelebihan pasti ada kekurangan juga 'kan? Kekurangannya adalah pada Microsoft Edge tidak ada Add-ons/Plugin dan tidak ada setting untuk menyimpan formulir seperti pada Chrome. Sehingga kita tidak bisa menggunakan plugin yang bermacam-macam seperti Adblock misalnya.
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Pada Interface Microsoft Edge ini, kita akan mendapatkan banyak berita yang berasal dari pengelola berita dalam negeri. Sehingga memudahkan kita untuk mencari berita yang ingin kita baca dengan cepat.

Apalagi yang baru di Windows 10 ini?

Yang baru lagi dari Windows 10 ini adalah Music Groove yang hampir sama dengan Music yang ada pada Windows 8/8.1.
Review tentang penggunaan windows 10 Pro
Oh ya, apabila kita login Windows 10 dengan akun Microsoft yang pernah digunakan untuk login pada Windows 8/8.1, maka untuk setting wallpaper maupun lock screen akan sama/mengikuti setting pada akun yang kita pakai buat login.

Sekian ulasan mengenai penggunaan Windows 10, apabila ada kesalahan kata, kalimat, paragraf, atau bahkan artikel :3 saya meminta maaf yang sebesar-besarnya. Kritik dan saran kalian sangat diterima disini. Apabila ingin menambahi, saya akan sangat berterimakasih.


10 komentar

Ada pengalaman yang menyedihkannya gak cuk :v ?
anggi-sensei.blogspot.com

win 8 aja belum punya ane gan T_T eh ini si 10 dah maen nongol aja :p
visit juga blog ane www.masdevz.my.id dan devzinfo.blogspot.com

wahhh sangat keren sekali flatUi kesukaan saya ,

ane win 8 aja belum ,btw nice lah cuma bisa ^:D

Wah semoga lebih bagus dar win8, win8 banyak masalah soale. Tapi kalau yang suka ribet mending win7, simpel

baru upgrade ke window 8 eh muncul window 10.
http://sehat-ituaku.blogspot.com/

ane masih setia sama win 7 gan!!

Windows 10 lumayan tuh buat seorang blogger..belum pernah nyobain, tetapi semoga lebih baik dari windows 8, kalau sama kyk windows 8 ya mending windows 7 aja.

kekuranganya belum banyak aplikasi yang suport,

Baru Instal Win 10, Coba cari pengalaman,Tp gk bisa Support TC..
Ywdalah, thanks Gan Infonya!

Your comments show your personality
Gunakanlah form komentar dengan bijak dan sebaik mungkin
Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

Batal